Aku meh ngendiko sesuatu ya...

Foto saya
Semarang, Jateng, Indonesia
"sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna. Jika aku boleh berandai-andai maka aku ingin hidupku seperti sebatang lilin, yang kecil, namun sangat dahsyat. Mampu memberi dengan sepenuh diri, walaupun konsekuensinya adalah habis tak bersisa."

Senin, Agustus 15, 2011

Y = C+S



Y = S+C
Adalah rumus persamaan  matematis dari Pendapatan adalah Saving + Consumtion.
Yang artinya, pendapatan kita akan terbagi dalam dua pos secara garis besar, untuk hidup kita sekarang dan untuk hidup kita dimasa depan.
Buat anak ekonomi, teori Keynes ini sangat familiar, bahkan saking familiarnya sampai kalo tidur dan tiba-tiba ada orang nanya rumus ini teori akan langsung dijawab dengan refleks. Hehehehe Lebay!

Tapi benarkah teori ini sangat mudah untuk dihayati dan dilaksanakan dengan tertib tiap bulannya? Buat saya saat ini masih sangat susah. Hehehehe... Udah bawaan bayi punya penyakit mata, kalo pegang uang dan lihat barang bagus mata yang rabun tiba-tiba aja langsung normal sesaat. Sampai saat ini masih sangat susah sekali untuk saving. Padahal jaman SMA udah masuk jurusan IPS yang mau ga mau mengharuskan saya selama satu minggu ketemu mapel Ekonomi kurang lebih 10 jam pelajaran seminggunya. Belum lagi waktu kuliah selama empat tahun dicekokin Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Managemen Keuangan, Akunting, dan lain-lain yang pada intinya adalah ngomongin uang dan perlaku manusia mengelola uangnya.
Dan faktanya semua ilmu itu hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

Sempet kemaren merenungi nasib, kerja keras selama ini sampai dibela-belain pulang malem kok ga nyantel sama sekali ya? Emang buat apa ya? Kayanya feng shui saya emang jelek banget dengan kata menabung. Kayanya ga ada jodoh deh hehehehehe...
Kata temen-temen kerja (disarankan buat menyiapkan kalkulator, sempoa, dan alat hitung yang anda punya!)
Sisakan 1/2 dari penghasilan anda untuk disaving, dan kalo perlu patahkan ATM anda agar terhindar dari kemudahan mengambil uang.
Halloooooooooooooo... hari gini gila aja ga ada ATM... Hidup tanpa ATM bagai makan tanpa minum alias seret... heheheheh perumpamaan yang maksa banget.
Katakanlah penghasilan saya sebulan Rp 1.000.000,-
Kalo jaman kuliah dulu perbulan hanya menghabiskan uang (udah ples-ples: jajan, maen, belanja ini itu, bensin, dsb) Rp 400.000,- maka separoh dari penghasilan saya adalah Rp 500.000,- per bulan. dan saya masih punya Rp 100.000,- untuk jaga-jaga sapa tahu nanti ada hal diluar rencana yang terjadi. Alias uang insidental.

Jadi kalo dikalkulasi,
Jika Saya tiap bulan menabung Rp 500.000,- x 12 bulan saja maka saya dapat Rp 6.000.000,- setahun. WAOWWWWWWWWWWW.....
Sekarang umur saya 23 tahun, sedangkan kira-kira nanti saya pensiun umur 55 tahun. Maka saya bisa saving Rp 192.000.000 WAOWWWWWWW keren banget... Angka yang fantastis... bisa buat beli kerupuk se pabrik, bahkan mandi kerupuk.

Kembali lagi ke kesenjangan antara teori dan praktenya. Hal itu kembali ga mudah....
Teori Y = C jauh lebih mudah... Seperti naik motor, Rem Blong Gas Pollll... Tancep jeck...

Kadang saat hari gajian, udah kepikiran dan memantapkan tekad untuk harus nabung gaji sekian... Ga boleh (dengan TIDAK yang besar tertanam dikepala membelanjakan uang sembarangan), tapi pertengahan bulan udah tersiksa bukan main, aduh kapan ni gajian... kok lama benar ga datang-datang...

Mulai bulan depan kalo perlu bikin analisis SWOT deh... Terus harus bisa nabung...

Tapi kalo inget masih belum punya novelnya Tere Liye yang seri anak mamak, terus pengen juga trilogi Eragon, ada lagi katanya buku Pocong yang katanya lucu, terus besok lebaran enaknya main di Jogja sampai lemas... Kayae nabungnya pending aja dulu ya? Heheheheheh Nabungnya gajian bulan depan lagi aja deh... Heheheheheheh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar