Aku meh ngendiko sesuatu ya...

Foto saya
Semarang, Jateng, Indonesia
"sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna. Jika aku boleh berandai-andai maka aku ingin hidupku seperti sebatang lilin, yang kecil, namun sangat dahsyat. Mampu memberi dengan sepenuh diri, walaupun konsekuensinya adalah habis tak bersisa."

Minggu, Agustus 14, 2011

Kapan kawin?

Pertanyaan klasik untuk para lajang dan jombloers apalagi untuk para jomblo yang saat ini masih gelisah karena belum ketemu calon pasangan.
Hari ini ke gereja siang, ketemu teman-teman SD, SMP, SMA pokoknya semua teman lengkap...kap...kap (setengah heran juga, belum lebaran kenapa sudah pada pulkam?). Dan bukan hanya sekedar pulang, tapi pulang membawa sang pujaan hati dan calon suami.
Pertanyaan klasik terdengar merdu, kapan ni kawin?
Sangat standar, setelah pertanyaan standar yang nomer satu, "sekarang kerja dimana?"
Saya jawab dengan cengar-cengir di BRI.
Dan komentar standar yang selalu terdengar adalah "hebat banget kok bisa si?" Ada dua konotasi dalam kalimat terakhir "kok bisa?". Pertama, heran kenapa orang seperti saya yang ga bisa dan ga hobi dandan, serta ga feminin banget bisa kerja di bank. Bisa dibayangkan dong... Gimana image standar seorang bankir wanita? Stylist, modis, langsing, smart, dan sangat bergaya. Sementara saya dengan kesadaran diri yang penuh, mengakui kalo sangat tomboy, serampangan kalo pake baju, sangat tidak jago dandan, dan sangat heboh.
Penafsiran kedua adalah, benar-benar mengagumi (jadi besar kepala ni saya...) keberuntungan yang saya dapat, karena bisa kerja di Bank. Secara pendidikan sangat ga mungkin juga. Dari awal didik jadi calon guru yang baik dan benar tapi malah nyasar jadi bankir.

Kemarin malem chat di FB dengan mantan murid waktu PPL (praktek pengalamamn lapangan alias praktek ngajar di SMP N 1 Ungaran). Pertanyaan standar bergulir kembali. "Bu Frida sekarang kerja dimana?"
"Jawaban standar juga bergulir, "aku ga ngajar tapi kerja di BRI" dan seterusnya hingga pada sebuah pernyataan dan sangat menohok, katanya "Bu Frida emang ga cocok jadi guru, waktu ngajar dulu rada aneh, ga ada kharisma jadi guru". Hmmmm sedikit tertohok. Padahal cita-cita jadi guru si masih menggelora.

Kok melenceng sih??? Balik lagi deh ke topik kawin.
Setelah topik dan obrolan tentang kerjaan, ada yang di RS jadi perawat, jadi ini, jadi itu, terus ngomongin teman juga dan berbagai karir hebat yang mereka punya. Tiba ke topik kita hari ini.
"Kok ke gereja sendiri aja, mana pacarnya?"
JEDHUENKKKKK...
Skak-mat... dan mati kutu aja.

Hmmm... pertanyaan yang bikin mati kutu, kesamber tawon. Kenapa ketika seseorang yang udah selesai kuliah, kerja, pertanyaannya lalu menjurus ke NIKAH? Padahal perkara nikah ga gampang. Nemuin orang yang tepat untuk diajak share seumur hidup karena nikah cuman sekali seumur hidup susahnya minta ampun. Ga semudah kenalan di FB. ADD-CONFIRM-say hay... ngobrol. Bukan cuma itu, bukan cuma sekedar ngobrol, tapi nyari orang yang bisa nerima kekurangan kita bukan cuma nerima kelebihan kita. Kalo cuma nerima kelebihan kita si semua orang juga bisa.

Nikah bukan cuma masalah finansial, masalah udah kerja mapan, punya penghasilan dan masa depan di karir. Tapi juga kesiapan hati. Ga mau dong seperti beli kucing dalam karung, niat beli kucing Anggora malah dapet kucing Kampung, gering, puthuren san. Bukan cuma masalah ganteng, tapi juga kenal luar dalam. Buat apa ganteng, kaya tapi kalo kelakuanne kaya psikopat.
Atau awalnya terlihat sangat beres dan baik-baik aja, terakhirnya setelah nikah malah jadi diktator. Mau apa-apa ga boleh, ini dilarang, itu dilarang, tukang cemburuan dan over protektif. Atau lebih parah lagi ringan tangan, plak plok sembarang-mbarang.
Brrr...

Ga kebayang juga kan, nikah lalu cerai, nikah lagi, cerai lagi, lalu dicap tukang kawin cerai.
Kalo ditanya pengen ga, jawabane pengen-pake banget- tapi bukan sekarang atau dalam waktu dekat. Apalagi kalau lihat di FB pada share foto nikahan, foto bayi, dan foto-foto keluarga bahagia dan sejahtera dengan PKK hehehehehe... Kadang teman yang udah nikah bilang, ambil bunga ni, biar cepet ketularan. Lha emang kawin kaya kadas, kurap, panu yang menular? Lucu juga kali ya kalo nikah bisa di tularkan seperti menularkan panu. Hmmm...

Kerja dulu deh, seneng-seneng dulu, puas-puasin apa yang pengen dicapai dengan kerja keras. Dan memilih orang yang bener-bener tepat.

Akhirnya berdendang aja deh,

...Aku baik-baik saja,
menikmati hidup yang aku punya
hidupku sangat sempurna...
IM SINGLE N' VERY HAPPY                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar