Aku meh ngendiko sesuatu ya...

Foto saya
Semarang, Jateng, Indonesia
"sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna. Jika aku boleh berandai-andai maka aku ingin hidupku seperti sebatang lilin, yang kecil, namun sangat dahsyat. Mampu memberi dengan sepenuh diri, walaupun konsekuensinya adalah habis tak bersisa."

Minggu, Agustus 07, 2011

Puasaaaaa itu....?????

Puasa itu menahan lapar dan haus,
puasa juga menahan amarah.
Tapi puasa di Semarang, dikos pagupon adalah sama seperti dengan hari-hari yang lain. Tak berbeda. Tetep konyol dan gial, yang pasti tetep bikin kangen.

2011
Puasa pertama tidak di Semarang.

Walaupun ga ikut puasa (tapi tetep menikmati berburu kolak, es buah, jajan2 pasar, gorengan dan kurma hohohoho saat berbuka) tapi 4 kali puasa 4 kali lebaran terlewatkan di Semarang. Dua tahun dilewatkan bersama para penghuni Kos Pagupon, yang dua tahun berikutnya silih berganti dengan penghuni baru kos pagupon, dan kadang juga sendiri.

Apa rasanya puasa di Semarang?
Tahun pertama rasanya nelangsa sekali, banyak bayangan buruk akan mati kurus (hahahaha... lebay!) karena bener2 kejadian kalo puasa minim banget warung makan, wartek di area sekaran-banaran yang buka. Hidup hanya mengandalkan mie instant dan telur rebus (sampe muka udah bunder kepleng kaya Ndok trus rai wis kaya mi kruwel-kruwel ra keruan). Atau bersandar sepenuhnya pada warung Bu Alfi belakang mini market depan gang Cempaka.Atau warteg depan SD Sekaran yang kalo siang tetep buka, tapi menunya udah ga mengundang selera coz' udah dari semalem dan dingin huhuhu... Dan akal pun bertambah seiring pengalaman, waktu anak-anak griliya nyari makan sahur jam 2, ikutan keluar dan taraaa... Sekaran at night, ramenya minta ampun. Antri!

Sangat menyenangkan ketika puasa di kosan. Awalnya kalo makan hanya dikamar, takut ganggu yang lagi puasa. Ga enak sama temen2 dan mbak2 yang lagi puasa. Tapi lama-lama kayanya udah biasa, lalu makan diluar kamar, makan sambil nonton TV. Lha wong malah disuruh keluar."Makan diluar aja Do ga papa.." hehehehehe... Tapi namanya kos cewe, kan pasti ada yang halangan jadinya pasti ga makan siang sendirian, pasti ada temen makan.

Waktu masih beramai-ramai, tiap sore mempersiapkan masakan untuk berbuka. Pernah nyoba ikut masak juga tapi cuman bertahan seminggu. hahahahaha lelah karena udah laper berat malah masakan ga mateng-mateng. Kos Pagupon terbagi dalam beberapa kelompemcakil (kelompok pemasak yang mirip cakil) hahahahaha... Kenapa mirip cakil? Karena Dapur bawah tangga yang sempit minta ampun diisi banyak manusia kaplak. Kadang ketika khusuk masak tiba-tiba nylonong tanpa dosa tikus werog. Dan masak bukan dengan gaya anggun, pasti ada yang naek turun ambil apalah, atau bertebaran ke karunia atau ke MM beli bumbu dan lain-lain. Kelompok pertama adalah gerombolan pemcakil Pati ada mbak Ana, mbak Nining, Mbak Clisty yang memasak dengan penuh keributan hahahahaha menu andalan adalah pindang gereh. Mbak Novie memasak sendiri dan untuk pacarnya Kang Otoy. Kelompok berikutnya Mbak Uk yang kadang masak-kadang ga tergantung sikon coz udah  kerja, masak untuk sendiri dan Mas Ali, Mbak Endang juga masa sendiri buat mas Iwang, dan terakhir ini nih sebetulnya kandidat Master Chef. Mbak Di yang jago masak.

Ketika sahur siapa yang paling sulit bangun? Jawabannya adalah Bulik hahahaha... dengan filosofi yang dipegang teguh yaitu "nak ngelih turu, nak jengkel turu, naka kesel turu" maka ketika yang lain sahur ria bulik masih molor dengan tidak indah. Kadang cuman minum susu sambil setengah merem setengah melek, ato bikin mi di rice cooker. Atau lebih parah lagi BudheWiji yang ga puasa dan tetap menganut paham lima rasa dipagi hari sambil duduk memelas sidepan pintu kamar pantry.
Pagi hingga siang apa yang dilakukan ketika sedang puasa?
PER AWATAN...

Bulik sibuk dengan macam-macam maskernya, mulai memarut bengkoang, memeras dan mengambil sari patinya, menjemur diatas genteng PS Andis dan akhirnya hampir dipancal Kucing. Perawatan ala Siti Nur Baya jaman perang hahahaha...
Mbak Di dengan masker dan tangan tetep gerayangan diketek dan tetep khusuk mengatakan denga takzim bahwa "kelekku ambune kok enak".
Dan rata-rata karena kuliah diundur siang, dan banyak yang sudah semester tua dan lagi skripsi aktifitas pagi agak mundur.
Bangun lebih siang dari biasa.
Tidur lebih malam.
Dan Bangun jam 2 menanti sahur.


Hal paling menyenangkan saat sahur adalah makan sahur dan nonton PPT (Para Pencari Tuhan) yang abstrak dan konyol, sambil tidur-tidur ayam di kasur depan tivi.
Semakin kebelakang, mulai jarang masak karena alat masak pada ilang.
Dan penghuni kos makin dikit, sehingga untuk makan sahur biasanya beli pas malemnya dan diangetin di ricecooker.

Jadi kangen pengen ke Semarang deh...


Dan air masih menjadi kendala saat puasa.
Saat puasa air dinyalakan hanya pas pagi menjelang sahur karena ibu menjelang sahur pasti masak. Jadi kadang subuh sanyo gak dinyalain. Jadi sering banget nampung air buat persediaan mandi pagi dan sebagainya.
Dan penyusupan menyalakan air tetep berlangsung.

Nyolong rambutan?
Kita sepakat selama sebulan ga akan melakukan ketrampilan tangan yang satu ini karena dosa hehehehe... Tapi baiknya malah dikasih dianterin kekosan sama Mbah.

Kegilaan makin menjadi ketika trio pati berkumpul menjadi satu karena panggilan alam, hehehehehe... Giliran orang setelah tarawih sibuk ngaji dan mengumpulkan amal baik pa yang terjadi ga akan mudah dipercaya! Dugem gila-gilaan dengan kompy mbak Clisty.
Jengkelit-jengkelit kaya cacing kepanasan.

Dulu banget waktu puasa pertama kali di Semarang keadaan jauh lebih rame, karu-karu yang belum direnovas dan masih sempit sangat ramai. Nongkrong di Karu-karu sebelum berbuka adalah kegiatan menyenangkan, liat orang-orang pada belanja ini itu. Tapi tahun terakhir kemarin karu-karu sangat sepi, sesepi dikos karena hanya tinggal aku. Ga ada teman lagi dikos. Jadi penghuni terakhir!

Menghabiskan sore dengan sang Mantan (hehehehehehe...).
Paling sesekali buber bareng temen-temen kalo pas ada.
Pokoe tahun terakhir kemarin rasanya sepi banget, tapi juga udah menjelang lulusan dan wisuda sih...
Apalagi ya yang bisa diceritain tentang buka dan sahur di Semarang?

Paling juga tiap sore nganterin cari es buah, kolak ato apalah di sepanjang sekaran buat buka puasa...
Dan Semarang masih jadi pesona kenangan tersendiri ketika puasa tiba.
hohohohoh kangen banget pengen kesana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar