Aku meh ngendiko sesuatu ya...

Foto saya
Semarang, Jateng, Indonesia
"sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna. Jika aku boleh berandai-andai maka aku ingin hidupku seperti sebatang lilin, yang kecil, namun sangat dahsyat. Mampu memberi dengan sepenuh diri, walaupun konsekuensinya adalah habis tak bersisa."

Jumat, Agustus 19, 2011

Merasa beruntung...


Apa definisi dari beruntung? Suatu keadaan dimana kita ga lagi rugi secara finansial? Atau kita dapat hal diluar prediksi, misal nemu uang Rp 100.000,- padahal lagi bokek berat...Hmmm masuk akal. Tapi secara keseluruhan pernah ga si merasa jadi orang paling beruntung sedunia?
Entah karena apapun itu? Tapi biasanya karena kita boleh mengalami suatu hal istimewa sehingga berbalik merasa kita adalah paling beruntung.

Beruntung ga harus jadi orang paling kaya se Indonesia Raya merdeka, atau jadi orang paling genius se Dunia-bahkan geniusnya nyaingin mbah Einstein, ga harus juga punya pacar paling ganteng atau cewe paling cantik.
Hari ini mta panas banget, hampir "meleleh" gara-gara minta jatah kantor buat bagiin salam tempel. Berhubung anak baru, baru pertamakali ini. Jadi ceritanya, dikantor dari kemaren topiknya lagi bagi2 bingkisan, bagi paket sembako, alat tulis, sama uang. Nah... terlintas buat partisipasi... (Eits... bukan maksud meh nyombong lho,lha wong yang dibagiin juga bukan duit sendiri tapi duit perusahaan, just share aja). Tiap pulang kemaleman, pasti lewat depan eks-bioskop yang lebih rame, dan didepan toko Jelita pasti udah ada sepasang mbah-mbah yang menggelar kardus, dan mencoba tidur dengan enak. Padahal Temanggung dinginnya minta ampun. Kalo pulang malem pasti amunisinya lengkap, kaos kaki, slayer, syal, jaket double+blazer, kaos tangan. Itupun masih kedinginan. Gimana dengan mereka? Dan jawabannya adalah hari ini...
Berbekal dua amplop itu.


Langkah pertama mengitari pasar, hehehehehe ngliat sikon, clingak-clingkuk. Dan ketika kesempatan datang, cari tempat parkir yang strategis turun dari motor...
Pertamanya bingung juga, meh bilang apa?
Akhirnya, dengan bilang sebisanya aja...

Kebayang pun ga pernah, ketika sudah lanjut, bukannya duduk diam dirumah, menikmati masa tua dengan tenang, malah berkeliaran di jalan, mengais sampah, terbungkuk-bungkuk membawa tas besar yang (mungkin) berisi pakainnya, dan menyeret keranjang besar tempat menaruh plastik bekas yang dikais dari tong sampah. Bukan meminta-minta!
Ketika ditanya namanya siapa, dengan sangat jelas dan gamblang disebutkan namanya, Mbah Tujaenah. Aslinya mana, punya rumah ga, punya... di Tembarak (salah satu daerah di Temanggung). Ketika amplop diangsurkan, banyak doa yang berhamburan keluar, disertai mata berkaca-kaca.
Meleleh banget rasanya... Banyak pikiran yang berhamburan....
Tak banyak kesadaran yang kadang saya miliki, bahwa saya sangat beruntung. Kesadaran saya mungkin melayang pergi, ketika kesulitan itu datang. Ketika apa yang saya inginkan tak tercapai, ketika lelah dan emosi sedang tinggi, kesadaran itu menguap. Kesadaran bahwa saya beruntung. Walaupun harus berangkat pagi dan pulang sangat petang kadang menjelang larut malam (cieh...), tapi saya masih bisa pulang, ada tempat buat pulang, masih bisa makan enak, masih bisa tidur nyenyak, ga perlu dingin ga perlu takut digaruk trantip.
Lalu, pikiran sekilas, tega bener si anaknya kenapa orang tua dibiarkan berkeliaran di jalan, mengais sampah lagi, bukakah seharusnya mereka istirahat, pensiun, menikmati masa tua.
Emang si saya masih tergolong sebagai anak ngeyel, tukang bantah, tapi untuk membiarkan orang tua berkeliaran dijalan, apa yang ada dipikiran si anak? Ga habis pikir aja! Apa karena orang yang sudah tua itu akan kembali kekeadaaan dimana pola pikir sudah kembali seperti anak kecil, lalu menyusahkan? Hmmm... jadi emosi aja, emang ga mikir apa, dulu ketika kita kecil, kita jauh lebih nyusahin, dan mereka ga pernah mengeluh...

Tapi lebih dari itu semuanya, saya jadi melihat lagi kedalam diri saya. Terutama pergulatan hidup, dan pasang surut hidup saya kemarin hingga sekarang, dan rancangan masa depan. Hmmm... Jauh melampau itu semua, hidup saya sangat diberkati. Banyak hal terlewat yang lupa saya syukuri....
Ga mungkin dituliskan satu per satu...
Tapi yang paling mencolok adalah saya bersyukur telahir normal, ga cedal. Karena terlahir menjadi cedal sangat kemringet. Dari senin panas dalam, komplikasi radang amandel.Jadinya malah sariawan di 3 tempat, sampe dulit ngomong, sulit makan, sulit nelen. Bukan kemauan saya diet, tapi nek gini carane ya terpaksa diet, karena makan apapun ga enak. Dan saat kerja dan ketemu nasabah adalah waktu paling menyiksa apalagi harus nerangin soal produk.
Udah jadi cedal lokal, ga bisa ngomong bebas, lidah kakunya minta ampun. Ngomong juga kudu ati-ati biar ga nyentuh sariawan, kesenggol aja sakitnya nikmattttt..... Alhasil, udah kemringet sering diketawain orang...
Pas telepon, namanya lagi susah ngomong, udah jelas-jelas bilang "dengan Flida" masa bisa ganti nama jadi Sli Ida... Sli Ida dari Hongkong... Hmmmm.... semoga cepet berlalu deh... ribet banget soale...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar